KAROSERI

Karoserie = Body Builder

Menurut Wikipedia, Karoseri berasal dari bahasa Belanda.

Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun diatas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam tipis.

 

Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup, termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang banyak diproduksi oleh industri karoseri disampaing kendaraan khusus seperti ambulance, pemadam kebakaran.

 

Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium, kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre).

 

Secara umum definisi itu bisa mengarahkan pemahaman intro kita tentang topik ini.

 

Proses utama pada Karoseri saat ini adalah metal treatment dijalankan seoptimal mungkin karena saat ini teknologi saat ini (di Indonesia) masih berbahan dasar metal.

 

Metal Treatment berawal dari raw material itu sendiri dan  banyak sekali jenis kandungan metal yang digunakan sesuai dengan fungsi dan proses pengolahan nya.

 

Contoh sederhana misal saja dari ketebalan plat untuk produk ATPM lokal menggunakan plat 0.9mm dengan menggunakan proses press part sedangkan karoseri menggunakan plat 1mm-1,2mm dengan tidak sepenuhnya menggunakan press part.

 

Faktor penting kedua adalah material handling, hampir 60% kualitas suatu produk ditentukan oleh faktor ini. Ini merupakan konsep dasar dari material treatment, apabila material bagus tapi dengan handling yang tidak optimal maka tidak berarti hasilnya meski dengan diproses dengan mesin canggih.

 

Pada karoseri jadul banyak pekerja yang mempunyai skill handling material mumpuni sehingga tidak aneh ketika kualitas mereka menghasilkan produk yang kualitasnya bagus pula. Tapi saat ini jarang sekali pekerja yang mempunyai skill seperti itu sehingga produk yang dihasilkan juga turun kualitasnya. (salah satu parameter adalah perbandingan produk jadul dengan produk saat ini).

 

Alat penunjang adalah faktor pendukung untuk mencapai suatu kualitas optimal, baik itu mulai mesin press part, bending, potong, roll, rust proofing, primer, open dll.

 

Yang terakhir adalah konsistensi operator untuk menjalankan SOP (standar operational procedur) secara kontinue. kenapa? karena industri karoseri (di Indonesia) adalah hampir 60% manual work sehingga orientasi padat karya masih dominan dan budaya lokal akan sangat berpengaruh terhadap prilaku man working.

 

Standar kualitas material treatment di atas secara total merupakan representatif dari suatu produk karoseri (dimana rekan2 bisa melakukan perbandingan) sehingga imbasnya ke harga yang harus dibayar oleh konsumen.

Saat ini konsumen sudah bergeser dari paradigma “brand oriented” menjadi konsumen yang mempunyai “smart solution” dimana sudah mengerti pengetahuan global tentang karoseri sehingga bisa mempelajari dan melakukan komparasi sebelum menentukan pilihan mereka.

 

Last but not least, menurut saya secara proses karoseri di Indonesia berbeda dengan ATPM (agen tunggal pemegang merk) kenapa? karena secara mendasar sistem produksi ATPM mengadopsi sistem produksi negara industri seperti jepang dengan perbandingan 60% mesin dan 40% tenaga manusia bahkan mercedes pernah mengajukan konsep 80:20. Sebaliknya karoseri di Indonesia mempunyai sistem padat karya (point to price) dimana 40:60.

 

Sehingga merupakan koreksi untuk statement dari beberapa rekan bahwa karoseri kita tertinggal dengan ATPM negara lain??? (seharusnya head 2 head) bahwa ATPM kita tertinggal dengan ATPM jepang 5 tahun sekilas cukup signifikan. Terbukti dengan kita telah mampu mengekspor APV, Xenia, Grand Max dll dimana nota bene itu adalah karya anak negeri.

 

Lha kalo karoseri itu yang susah bandingannya karena sama-sama disebut karoseri tapi beda makna. Di negara lain karoseri mempunyai ruang lingkup rumah produksi dimana mempunyai fasilitas sekelas ATPM.

 

 

Salam

 

YUDI – MP

(disadur dari milis Bismania Community)

~tr~

One response to “KAROSERI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s