Teler (dibaca persis seperti “teler” yang berarti mabuk)

Definisi :

1. Kejadian ketika bis harus melakukan perjalanan yang sebenarnya bukan trayeknya, karena beberapa alasan.

2. Keadaan pengemudi ketika diharuskan mengemudi ekstra karena terjadinya perubahaan pada trayeknya, karena beberapa alasan.

=============================================

Subject: [BisMania] malang teler
dear bismania

saya mo tanya info tentang kramat djati nich…
taun 96-97 saya sering berbis-ria take off dari bandung
jalur yang paling suka saya jalani bdg-malang, ato bdg-denpasar
bus yang favorit saat itu ada 2, Kramat djati dan sabar subur

waktu mo ke solo lewat malang(….???)
saya mo naik KD dari jalan Ambon bandung
(padahal rumah saya saat itu masih dijakarta)
ada pembicaraan aneh diantara kru KD,
yaitu antara bis malang dan “Malang teler”
saya bingung, apa maksudnya “malang Teler”….???

rekans ada yang tau istilah ini ga…??
setau saya
malang teler tu bis ke malang tapi lewat surabaya kota
ga jelas apakah masuk purabaya ato cuma ke agen
(koreksi bila salah ya…)
trus kenapa disebut malang teler?
apa bikin sopir jadi teler krn waktu tempuh yang lebih lama….??

thanks seblmnya
==============================================

Mas , yang di maksud Malang Teler sama Malang Loyo yg saya tahu itu hampir sama. semua supir bis jurusan malang dari Jakarta, bogor maupun bandung yang tujuan malang tapi harus masuk kota surabaya dulu, biasanya ke Agen bis tersebut untuk ambil paket jarak dekat surabaya malang, bisa juga paket menuju kota bogor, jakarta atau bandung dgn asumsi bus yang lg dari malang menuju jakarta, bogor atau bandung tanpa melewati Surabaya Kota.
Kebanyakan istilah malang teler ya di karenakan perjalanan yg lebih jauh, dan lelah, terutama masuk kota surabaya sudah pagi hari tetapi harus lanjut ke pool di kota malang.
mdh2n info ini ada sedikit manfaat.

===================================

Subject: Re: [BisMania] malang teler

Sepertinya malang teler  jadi topik paling menarik sepekan ini di community bismania.
Pengalaman saya dari tahun ke tahun beberapa kali naik PO Rosalia Indah juga teler-teleran. Bahkan juga bikin jengkel. Tak hanya saya tapi juga penumpang lain.
Semua bus Rosalia dari daerah di Jawa ke Jakarta atau sebaliknya, busnya selalu mampir di pool/kantor pusatnya di Jl. Slamet Riyadi, Karanganyar.
Ini pengalaman saya akhir Mei 2007 kemarin. Saya naik dari kediri dengan
Rosalia VIP AC. Sejak dari kota blitar dan tulungagung (dua kota sebelum Kediri), bus yang saya lupa nomor lambungnya ini sudah jadi bus teler. Dia mengangkut 1 penumpang patas non AC tujuan Merak. Juga, ada tiga penumpang lain dengan tiket patas dari beberapa agen di nganjuk tujuan Lampung.
Karena semua bus Rosalia wajib mampir di pool, sesampai di pool Jl Slamet Riyadi, penumpang turun untuk makan untuk kemudian menunggu kedatangan bus bernomor lambung tujuan kota masing-masing. Terjadilah bongkar pasang penumpang. Beberapa penumpang ngedumel karena bus yang akan memberangkatkan mereka masih di perjalanan.
Pengalaman yang sama juga saya rasakan empat tahun lalu, ketika menggunakan Rosalia VIP dari Jakarta tujuan Kediri. Dari Solo, penumpang tujuan Kediri-Blitar yang hanya tersisa 7 orang dioper ke bus Rosalia lain yang datang belakangan. Alhasil, ketika musim sepi penumpang, bus dari Jakarta yang meneruskan perjalanan ke Blitar hanya dua buah. Lainnya berhenti sampai Solo.

===========================================
Halo,
mau ikutan info, untuk mobil jakarta / bandung ke malang / surabaya, artinya malang teler / malang loyo kurang lebih kayak gitu ..
biasanya di tuban (rumah makan terakhir sebelum surabaya) penumpang yang turun di surabaya di kumpulin di satu mobil biar mobil yang laen bisa langsung ke malang tanpa mampir sby.

tapi kalo istilah ini (teler) di mobil2 lorena hampir sama tapi rada beda, saya kasi gambaran / cerita aja ya .. soale susah njelasinnya :) )

gini ->
kasus1:
untuk surabaya / malang ke lampung gak ada mobil lorena, adanya dari blitar ke lampung, jadi misal hari ini ada penumpang dari surabaya / malang ke lampung, mobil yang lagi istirahat di blitar (bukan yang mau berangkat) jalan ke malang – surabaya ambilin penumpang trus ketemu di mana gitu ama mobil asli yang berangkat ke lampung dari blitar, penumpang di oper, trus mobil yg ambil penumpang dari sby/ malang balik ke blitar, istirahat, ini namanya mobil teler ..
(info dari obrolan dengan supir pahala kencana)

kasus2:
jakarta – padang / bukit tinggi.
jakarta padang itu ada mobil sendiri, dan jakarta – bukit tinggi ada mobil sendiri, tapi kalo sepi digabung, jadi (dari jakarta, kita sebut X) pas nyampe solok udah ada mobil laen (kita sebut Y, ini mobil teler) yang nunggu, nah penumpang padang dipindah ke X, penumpang bukit tinggi ke Y (atau sebaliknya :) ) . nah mobil X ini sehari kemudian yang jadi mobil teler, dari padang jemput ke solok, jemput mobil dari jakarta, begitu seterusnya ..
(info dari obrolan dengan supir lorena jakarta – bukittinggi)

====================================================
Subject: [BisMania] Re: malang teler
Ini mungkin kasus “teler” juga

Bbrp tahun lalu saya naik santoso wn
sari-mgl-mampang-lb bulus. Waktu itu lg low season,
isi cuma sepertiga kapasitas.
Santoso lain,rute mgl-pl gadung-lb bulus (sebut aja
santoso 2) isinya jg sepertiga.

Habis istirahat di weleri, pnp santoso 2 digabung ke
santoso 1, jadinya pake rute wn sari-mgl-pl
gadung-mampang-lb bulus.
Santoso 2 balik kandang, sopirnya ngomong teler,
sepertiga isi gak nutup solar, cm dapat capek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s