Galeri

Apa itu Bus..?

Sebuah bus ( bermain / b ʌ s / ; jamak “bus” atau “bus”, / b ʌ s ɨ z / , archaically juga omnibus, multibus, atau otobis) adalah jalan kendaraan yang dirancang untuk membawa penumpang . Bus dapat memiliki kapasitas setinggi 300 penumpang. [1] Jenis yang paling umum bus adalah bus tunggal-decker , dengan beban yang lebih besar yang dibawa oleh double-decker bus dan bus diartikulasikan , dan beban yang lebih kecil yang dibawa oleh midibuses dan minibus ; pelatih digunakan untuk layanan jarak lagi. manufaktur Bus semakin mengglobal, dengan desain yang sama muncul di seluruh dunia.

Bus dapat digunakan untuk transportasi bus dijadwalkan , transportasi dijadwalkan pelatih , transportasi sekolah , menyewa, swasta pariwisata ; bus promosi dapat digunakan untuk kampanye politik dan lain-lain secara pribadi dioperasikan untuk berbagai tujuan.

Kuda bus ditarik digunakan dari tahun 1820, diikuti dengan bus uap di tahun 1830 dan listrik trolleybuses pada tahun 1882. Bus pertama didukung oleh mesin pembakaran internal yang digunakan 1895 [ rujukan? ] dan ini masih merupakan sumber daya yang paling umum. Baru-baru ini telah tumbuh minat dalam bus listrik hibrida , sel bahan bakar bus , bus listrik serta yang didukung oleh gas alam terkompresi atau bio-diesel .

Etimologi

Bus adalah apheresis dari Omnibus kata Latin. Nama yang terakhir ini berasal dari toko topi itu yang terletak di depan salah satu stasiun bus pertama di Nantes, Perancis pada tahun 1823. “Omnes Omnibus” adalah pelesetan pada nama Latin yang terdengar omnes topi: omnes yang berarti “semua” dan omnibus berarti “untuk semua” dalam bahasa Latin . Nantes warga segera memberi julukan Omnibus ke kendaraan. [2] Ketika transportasi bermotor diganti kuda transportasi mulai 1905, sebuah omnibus bermotor disebut otobis, sebuah istilah yang masih digunakan.

Jenis

Format termasuk tunggal-decker bus , double-decker bus dan bus diartikulasikan (atau ‘bendy-bus’) prevalensi yang bervariasi dari negara ke negara. bi-diartikulasikan bus juga diproduksi, dan penumpang yang membawa trailer-baik ditarik balik bus konvensional (a Trailer bus ), atau diseret sebagai sebuah trailer dengan truk (sebuah bus Trailer ). Kecil midibus memiliki kapasitas lebih rendah dan terbuka atas bus biasanya digunakan untuk tujuan rekreasi. Dalam armada baru, terutama di sistem transit lokal, ada pergeseran yang meningkat untuk bus lantai rendah terutama untuk aksesibilitas mudah. ​​Pelatih dirancang untuk lagi-jarak perjalanan dan biasanya dilengkapi dengan individu tinggi-didukung berbaring kursi, sabuk pengaman, toilet, audio-visual sistem hiburan dan dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dengan kapasitas yang lebih untuk bagasi. Pelatih bisa tunggal atau ganda–Deckers, diartikulasikan dan sering termasuk kompartemen bagasi yang terpisah di bawah lantai penumpang. Dipandu bus dilengkapi dengan teknologi untuk memungkinkan mereka untuk berjalan di guideways ditunjuk, yang memungkinkan keselarasan dikontrol pada halte bus dan sedikit ruang diambil oleh jalur dipandu daripada jalan konvensional atau jalur bus.

Manufaktur bus mungkin oleh satu perusahaan (produsen terpisahkan), atau oleh salah satu produsen yang membangun tubuh atas sasis bus yang diproduksi oleh produsen lain.

Aksesibilitas

Bus dengan mengangkat kursi roda diperpanjang

Transit bus semakin menggunakan bus lantai rendah desain dan opsional juga ‘berlutut’ suspensi udara dan elektrik atau hidrolik diperpanjang bawah lantai landai untuk memberikan tingkat akses untuk kursi roda pengguna dan orang-orang dengan kereta bayi . Sebelum menggunakan lebih umum dari teknologi tersebut para pengguna kursi roda hanya bisa menggunakan spesialis paratransit bus mobilitas.

Kendaraan diakses juga memiliki pintu masuk yang lebih luas dan gang interior dan ruang untuk kursi roda . Fitting Interior dan menampilkan tujuan juga dapat dirancang untuk dapat digunakan oleh tunanetra . Pelatih umumnya menggunakan lift kursi roda bukan desain lantai rendah. Di beberapa negara kendaraan wajib memiliki fitur ini oleh undang-undang diskriminasi cacat .

Konfigurasi

Bus awalnya dikonfigurasi dengan mesin di depan dan pintu masuk di bagian belakang. Dengan transisi ke satu orang operasi, banyak produsen pindah ke desain pertengahan bermesin atau belakang, dengan pintu tunggal di depan, atau pintu ganda. Pindah ke desain lantai rendah memiliki semua tapi dieliminasi desain bermesin pertengahan, meskipun beberapa pelatih masih memiliki pertengahan terpasang mesin. Bermesin depan bus masih bertahan untuk pasar ceruk seperti bus sekolah Amerika, beberapa minibus, dan bus di negara-negara kurang berkembang, yang mungkin berasal dari chassis truk, daripada tujuan-dibangun desain bus. Kebanyakan bus memiliki dua as roda , bus diartikulasikan memiliki tiga.

 Bimbingan

Dipandu bus dilengkapi dengan teknologi untuk memungkinkan mereka untuk berjalan di guideways ditunjuk, yang memungkinkan keselarasan dikontrol pada halte bus dan sedikit ruang diambil oleh jalur dipandu daripada jalan konvensional atau jalur bus . Bimbingan dapat mekanik, optik atau elektromagnetik. Bimbingan sering, tetapi tidak eksklusif, bekerja sebagai bagian dari skema BRT. Ekstensi dari teknologi dipandu termasuk Transit Cahaya Terpimpin dan Translohr sistem, meskipun ini lebih sering disebut ‘karet trem tyred’ karena mereka memiliki mobilitas terbatas atau tidak jauh dari guideways mereka.

liveries

Bus transit biasanya dicat untuk mengidentifikasi operator atau rute, fungsi atau untuk membatasi bus layanan berbiaya rendah atau premi. Mungkin bus dicat ke kendaraan, diterapkan menggunakan perekat vinil teknologi atau menggunakan decals . Kendaraan sering juga membawa iklan bus atau sebagian atau seluruh permukaan terlihat mereka (sebagai ponsel papan ). bus kampanye dapat dihiasi dengan pesan kampanye kunci.

 Propulsion

Pada naik bus listrik hibrida dengan corak yang sesuai

Sumber daya yang paling umum sejak tahun 1920-an telah menjadi mesin diesel . Awal bus, yang dikenal sebagai bis listrik , yang didukung oleh listrik yang dipasok dari saluran udara . Saat ini, bus listrik sering membawa baterai mereka sendiri, yang kadang-kadang diisi ulang pada berhenti / stasiun untuk menjaga ukuran baterai kecil / ringan . Saat ini ada minat dalam bus listrik hibrida , sel bahan bakar bus , bus listrik dan yang didukung oleh gas alam terkompresi atau bio-diesel . Gyrobuses , yang didukung oleh momentum disimpan oleh sebuah roda gila diadili pada 1940-an.

Sejarah

Yang pertama dikenal bus jalur publik (dikenal sebagai “Maskapai” pada waktu itu) diluncurkan oleh Blaise Pascal pada 1662 dan cukup populer sampai harga meningkat dan akses dari ke layanan terbatas untuk anggota masyarakat yang tinggi hanya dengan peraturan. Layanan berhenti setelah 15 tahun [2] [8] dan tidak ada layanan tersebut lebih lanjut dikenal sampai tahun 1820-an. [ rujukan? ] Kuda bus dioperasikan di banyak kota selama bagian akhir dari tahun 1800 dan awal 1900-an dengan salah satu perusahaan di London operasi 220 kuda -bus dengan 1880. Bus kuda lalu di London berhenti beroperasi pada 1914. [9] Awal kuda bus kombinasi kereta sewaan dan kereta pos . [ kutipan diperlukan ]

Dari tahun 1830-an bus bertenaga uap ada. Dalam sejajar dengan perkembangan bus, adalah penemuan listrik bis listrik , biasanya makan melalui kutub troli oleh kabel atas kepala , yang sebenarnya mendahului, dan di daerah perkotaan banyak kalah jumlah, bus bertenaga mesin konvensional [ kutipan diperlukan ]. Bus pembakaran mesin internal yang pertama dikembangkan bersama dengan mobil. Setelah bus bertenaga mesin pertama 1895 [ rujukan? ].

Para Pelatih Perusahaan Manufaktur Kuning yang cepat menjadi produsen utama dari bus didirikan pada Chicago pada tahun 1923 oleh John D. Hertz . General Motors membeli saham mayoritas pada tahun 1925 dan berubah nama menjadi Truk Kuning & Company Pelatih Manufaktur. Mereka kemudian membeli keseimbangan saham pada tahun 1943 untuk membentuk GM Truck & Pelatih Divisi .

Model diperluas pada abad ke-20, yang mengarah ke pengenalan luas dari bentuk dikenali kontemporer bus ukuran penuh dari tahun 1950.

Salah satu bus yang paling tidak biasa yang pernah dibuat adalah prop untuk Paramount Productions pada tahun 1935 untuk satu set film. [10]

Para Bus Montgomery boikot yang menentang kebijakan kota tentang segregasi rasial pada perusahaan angkutan umum sistem dimulai pada tanggal 1 Desember 1955, ketika Rosa Parks , seorang wanita Amerika Afrika, ditangkap karena menolak untuk menyerahkan kursinya kepada orang kulit putih di Montgomery, Alabama , Amerika Serikat . Ini berakhir pada 20 Desember 1956 dengan Amerika Serikat Mahkamah Agung memutuskan bahwa undang-undang terpisah yang membutuhkan bus tidak konstitusional . [11] tokoh historis yang signifikan Banyak dari gerakan hak-hak sipil terlibat dalam boikot, termasuk Pendeta Martin Luther

Sumber: wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s